May 29, 2012

Rainbow cake

Ada request dari teman sekerja untuk di buat kan cake buat ultah anak nya, dia minta apa aja deh kue nya yang penting enak, langsung kepikiran oleh ku untuk buat rainbow cake aja yang lagi booming di mana mana, temen ku langsung setuju,..seneng banget deh, aku sering browsing di mbah google mengenai cake ini,and pengen pake resep nya Martha Stewart, awal nya cake ini di buat, hanya untuk cream cheese frosting nya , aku nggak pake putih telur, tapi whipp cream aja, sama cheese cream. Langsung deh aku buat dua cake, yang satu buat di bawa ke rumah ibu, untuk di makan sekeluarga di condet.

Berikut resep rainbow cake nya Martha Stewart :

Ingredients :

  • 3 cups all-purpose flour ---------about 375gr
  • 4 teaspoons baking powder
  • 1/2 teaspoon salt
  • 2 sticks (1 cup) unsalted butter, room temperature-----about 226gr (suhu ruang )
  • 2 1/3 cups sugar------about                to sweet for me, so I used 375gr only      
  • 5 large egg whites, room temperature----about 200gr
  • 2 teaspoons pure vanilla extract
  • 1 1/2 cups milk, room temperature---about 355gr
  • Red, orange, yellow, green, blue, and purple gel food coloring

Direction :

Panaskan oven pada suhu 175C, oles enam loyang bulat, aku pake loyang bulat ukuran 20cm dengan butter lalu alasi dengan kertas alas kue, olesi lagi. sisih kan.

Dalam wadah besar, campur jadi satu , baking powder, dan garam, sisihkan. Dalam wadah lain, kocok mentega dan gula sampai creamy, perlahan masukan putih telur, sambil terus di kocok sampai benar ubenar menyatu. lalu masukan vanilla extract, masukan tepung terigu dan susu secara 2 kali bertahap, di mulai dgn terigu dan di akhiri dengan susu, kocok lagi sampai benar benar menyatu dengan baik.

Kemudian adonan di bagi menjadi 6 mangkuk ukuran sedang dan di timbang sama berat, masing masing mangkuk di  beri warna secukup nya, aduk aduk setiap mangkuk sampai dapat warna yg di inginkan.Tuang masing masing adonan ke dalam loyang yg sudah di siapkan, masukan ke dalam oven dan panggang  selama  15-20 menit, tergantung oven nya masing2.

Keluar kan loyang dari oven, lalu pindah kan ke atas rack pendingin, dan biarkan sampai dingin selama 10 menit. Rapih kan pinggiran cake dengan pisau, letakan warna ungu di atas papan kue di atas lazy susan  juga
mulai deh mengoles cheese cream nya lapis demi lapis, lalu sisi  cake nya juga di tutup dengan cream dan hias sesuai selera....

Untuk cream nya aku pake cream cheese frosting :

227gr cream cheese suhu ruang
160 ml whipping cream
60gr powder sugar
1/2 tbsp vanilla extract




No comments: