May 29, 2012

Lapis legit Keju

Sudah 2 minggu lebih aku merencanakan tuk buat lapis legit, gak tau kok jadi seneng buat layer cake ini, walaupun menyita waktu, tapi tetep aja semangat hingga lapisan akhir...walaupun tangan pernah melepuh kena pintu oven, karena sering nya buka tutup pintu oven,nggak kapok neh..malah ingin buat lagi.Next time kalo buat lagi, aku mau pake oven Bima Master yang aku beli dari Bandung, oven yang ini kata nya cocok untuk buat lapis legit. Aku dah ngumpulin semua resep dari blog nya para pakar, dan yang lapis legit yang ini aku liat di blog nya Mbak Camelia, Thank you ya mbak, aku pake resep nya..
Berikut resep Lapis legit keju nya Mbak Camelia  
Ingedients :

30 kunin g telur
450grgula pasir
200gr butter,
350gr margarin( aku pakai 350gr unsalted butter+100gr hollman + 100gr margarin.
2 sdm susu bubuk full cream plus aku tambahin 2 sdm condense milk
175gr tepung terigu/ aku pake cap kunci
2 sdt bumbu spekoek/ aku pake satu sdm munjung
50gr edam cheese di parut/ aku pakai 100gr cheddar cheese, parut halus.

Cara membuat :
  • Panas kan oven pada suhu 160C, aku pake api atas dari awal.
  • Dalam wadah, campur tepung dengan bumbu spekoek, di ayak lalu sisihkan.
  • Kocok butter, margarin dan susu bubuk hingga putih. Sisihkan.
  • Kocok kuning telur dan gula hingga mengental dan putih, Lalu masukkan campuran mntega tadi, mikser dengan speed rendah hingga rata.
  • Tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit, kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata. Aduk lagi dengan sendok spatula agar benar-benar rata.
  • Adonan siap untuk dilapis.
  • Timbang adonan dalam mangkuk kecil untuk tiap lapisan nya, kalau aku setiap lapisan aku ukur seberat 70 gram, lalu tuang kedalam loyang yang telah di olesi margarin dan di alasi kertas roti.
  • Setiap lapisan ketiga, taburi dengan keju parut hingga rata. Panggang hingga kekuningan. Selang-seling antara lapisan polos dengan lapisan yang ditaburi keju. 
  • Untuk lapisan paling akhir nyalakan api atas dan api bawah kemudian panggang selama 20 menit, tutup bagian atas dengan almunium foil supaya permukaan bagian atas nya gak gosong,
  • Angkat. lalu diam kan lapis legit dalam loyang selama 10 menit, lalu pindah kan ke wire rack, diam kan sampai dingin.
  • Kalo aku, lapis legit nya masukin ke kulkas dulu biar bener bener settle, baru deh di potong potong, supaya hasil potongan nya lebih rapi.





No comments: