October 07, 2012

Minty Green Macaron


Kali ini aku buat minty green macaron dengan tehnik Swiss meringue. Tehnik ini tidak terlalu rumit, basic nya putih telur di matangkan terlebih dahulu dengan cara di '' Au bain marie '' bersama gula di dalam nya. Karena putih telur sudah matang, adonan yang di hasilkan stabil, padat dan tidak mudah lumer pada suhu ruang. Beda dengan tehnik French meringue yang putih telur nya langsung dikocok bersama icing sugar, dan tehnik ini buat aku kurang suka, karena gampang lumer pada suhu ruang, dan menurut buku yang aku baca, tehnik ini kurang cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Setelah sebelum nya aku buat "Green tea macaron dengan menggunakan Italian merigue, di mana pembuatan nya agak sedikit rumit, karena ada pembuatan sirup terlebih dahulu, sementara sambil mengocok putih telur sampai setengah mengembang, lalu sirup gula di masukan ke dalam kocokan putih telur, namun sebelum nya cairan gula yang baru di masak tadi harus di ukur dulu suhu nya sekitar 120 derajat celcius, kemudian di tuang ke dalam kocokan putih telur tadi. Finally dari 3 tehnik pembuatan macaron yang telah aku coba tadi,..aku pikir aku akan menggunakan tehnik " Swiss meringue "untuk seterus nya..

No comments: